HIJRAH.COM-Sepantasnya seorang guru
dalam mengajarkan ilmunya mempunyai niat dan tujuan untuk melindungi para
muridnya dari siksa api neraka. Sementara tugas kedua orangtua menyelamatkan
anak-anaknya dari kesengsaraan hidup di alam dunia ini. Tugas seorang guru
lebih berat daripada kedua orangtua. Bahkan, seorang guru adalah ayah yang
sejati bagi murid-muridnya. Jika seorang ayah menjadi sebab atas keberadaan
anak-anaknya pada kehidupan dunia yang fana’ ini, maka seorang guru justru
menjadi sebab bagi bekal kehidupan murid-muridnya yang kekal di akhirat nanti.
Guru yang dimaksudkan di sini
adalah guru yang mengajarkan ilmu-ilmu tentang akhirat (ukhrawi), atau
ilmu-ilmu tentang dunia (duniawi) dengan tujuan keabadian negeri akhirat.
Seorang guru dinilai membinasakan diri sendiri dan juga murid-muridnya jika ia mengajar
hanya demi kepentingan dunia ini semata. Maka tentu untuk mencapai ini semua
dibutuhkan adab bukan hanya dari murid saja, tetapi juga dari seorang guru.
Ada beberapa hal yang perlu
diperhatikan oleh seorang guru:
1. Bersuci dari hadats besar atau
kecil.
2. BerSuci dari kotoran walau
bukan najis.
3. Memakai thib (wewangian).
4. Memakai pakaian yang paling
nagus, yang layak menurut penduduk zamannya.
5. Semuanya diniatkan untuk
membesarkan ilmu dan syari'at.
Dikisahkan bahwa Imam malik
ketika datang manusia untuk meminta hadis, beliau mandi, memakai wangi-wangian,
memakai pakaian bagus dan meletakkan ridak di atas kepala kemudian duduk di
atas semacam pelaminan (tmpat yang tinggi) dan senantiasa mengasapi ruangan
dengan wangi-wangian dan beliau berkata "aku mencintai untuk mengagungkan
hadis rasulullah", kemudian beliau salat istikharah (jika bukan dalam
waktu makruh).
Note: Melakukan seperti yang
dilakukan imam malik Harus betul-betul dengan niat yang lurus. kalo tidak
jangan, karna syaithan punya banyak cara untuk menyesatkan
6. Berniat nasyrul ilmi,
mengajarkan ilmu, menyiarkan faedah-faedah syara', menambah ilmu, menampakkan
kebenaran, mengembalikan yang haq, berkumpul dalam zikir allah, meniatkan
keselamatan kepada saudara-saudaranya dan berdoa bagi pendahulu yang shalihin
7. bila keluar rumah berdoa
dengan doa:
اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ أَنْ أَضِلِّ أَوْ
أُضَلَّ أَوْ أُزِلَّ أَوْ أُزَلَّ أَوْ أَظْلِمَ أَوْ أُظْلَمَ أَوْ أَجْهَلَ
أَوْ يُجْهَلَ عَلَيَّ، عز جارك وجل ثناؤك ولا إله غيرك ثم يقول: بسم الله وبالله،
حسبي الله توكلت على الله، لا حول ولا قوة إلا بالله العلي العظيم اللهم اثبت
جناني وأدر الحق على لساني.
" ya Allah, sesungguhnya aku
berlindung kepadaMu daripada bahwa aku sesat atau disesatkan dan daripada bahwa
aku menzalimi atau dizalimi dan daripada berbuat bodoh atau dibodohi. maha
mulia perlindungan dan sanjungan engkau dan tidak ada tuhan selain engkau.
Bismillah cukup bagiku allah, Teguhkan hatiku dan tampakkan kebenaran atas
lidahku "
Dan terus mengingat allah sampai
ketempat pengajian. Bila sudah sampai, memberi salam bagi yang hadir dan salat
2 raka'at , jika dalam masjid maka mutlak sunnah. Kemudian berdo'a memohon
taufiq, i'anah pemeliharaan, duduk menghadap kiblat jika mungkin dengan penuh
hormat, tenang dan tawadhuk dengan duduk bersila dsb daripada duduk yang tidak
dimakruhkan dari segala bentuk duduk.
Jangan duduk iq'ak (memeluk
lutut) dan jangan duduk seperti orang yang bersiap untuk bangun dan jangan
mengangkat salah satu kaki diatas yang kaki yang lain. Dan tidak menjulur kaki
tanpa ozor dan jangan meletakkan tangan di pinggang atau belakang punggung dan
menjaga badan dripada merangkak dan pindah dari tempatnya.
Dan menjaga dua tangan dari
bermain main. Dan jangan menyilangkan jari tangan dan mnjaga mata dari mengitarkan
pandangan tanpa hajat.
Dan menghindari banyak senda
gurau dan banyak tawa krna banyak tawa mengurangi wibawa dan kehormatan.
sebagaiamana kata orang "siapa bercannda, akan diremehkan, dan siapa
memperbanyak sesuatu akan dikenal dengan sesuatu tersebut".
Dan jangan mengajar ketika lapar
dan haus, susah, marah, ngantuk, cemas, dingin yang bersangatan, dan panas yang
menggaggu. Karena tidak mungkin memaksimalkan fikiran.
Wallahu a'lam bisshawab.......
الفصل الثاني
في آداب العالم في درسه
وفيه اثنا عشر نوعًا:
الأول: إذا عزم على مجلس التدريس تطهر من الحدث والخبث
وتنظف وتطيب ولبس من أحسن ثيابه اللائقة به بين أهل زمانه قاصدًا بذلك تعظيم العلم
وتبجيل الشريعة.
كان مالك رضي الله عنه إذا جاءه الناس لطلب الحديث اغتسل
وتطيب ولبس ثيابًا جددًا ووضع رداءه على رأسه ثم يجلس على منصة ولا يزال يبخر
بالعود حتى يفرغ، وقال: أحب أن أعظم حديث رسول الله - صلى الله عليه وسلم -.
ثم يصلي ركعتي الاستخارة إن لم يكن وقت كراهة وينوي نشر
العلم وتعليمه وبث الفوائد الشرعية وتبليغ أحكام الله تعالى التي اؤتمن عليها وأمر
ببيانها والازدياد من العلم وإظهار الصواب والرجوع إلى الحق والاجتماع على ذكر
الله تعالى والسلام على إخوانه من المسلمين والدعاء للمسلمين وللسلف الصالحين.
الثاني: إذا خرج من بيته دعا بالدعاء الصحيح عن النبي -
صلى الله عليه وسلم - وهو: اللهم إني أعوذ بك أن أضل أو أضل، أو أزل أو أزل، أو
أظلم أو أظلم، أو أجهل أو يجهل علي، عز جارك وجل ثناؤك ولا إله غيرك ثم يقول: بسم
الله وبالله، حسبي الله توكلت على الله، لا حول ولا قوة إلا بالله العلي العظيم
اللهم اثبت جناني وأدر الحق على لساني.
ويديم ذكر الله تعالى إلى أن يصل إلى مجلس التدريس فإذا
وصل إليه سلم على من حضر وصلى ركعتين إن لم يكن وقت كراهة فإن كان مسجدًا تأكدت
الصلاة مطلقًا، ثم يدعو الله تعالى بالتوفيق والإعانة والعصمة.
ويجلس مستقبل القبلة إن أمكن بوقار وسكينة وتواضع وخشوع
متربعًا أو غير ذلك مما لم يكره من الجلسات، ولا يجلس مقعيًا ولا مستوفزًا ولا
رافعًا إحدى رجليه على الأخرى، ولا مادًا رجليه أو إحداهما من غير عذر، ولا متكئًا
على يده إلى جنبه وراء ظهره.
وليصن بدنه عن الزحف والتنقل عن مكانه ويديه عن العبث
والتشبيك بها، وعينيه عن تفريق النظر من غير حاجة، ويتقي المزاح وكثرة الضحك فإنه
يقلل الهيبة ويسقط الحشمة كما قيل: من مزح استخف به ومن أكثر من شيء عرف به.
ولا يدرس في وقت جوعه أو عطشه أو همه أو غضبه أو نعاسه أو
قلقه، ولا في حال برده المؤلم وحره المزعج؛ فربما أجاب أو أفتى بغير الصواب، ولأنه
لا يتمكن مع ذلك من استيفاء النظر.
تَذْكِرَةُ السَّامِعِ والمُتَكَلِّم في أَدَب العَالِم
والمُتَعَلِّم
للشيخ العالم بدر الدين أبو عبد الله
محمد بن إبراهيم بن سعد الله
ابن جماعة الكناني
Tags:
KHAZANAH